Selasa, 20 November 2012

pembelajaran terpadu

1. Pengertian Pembelajarn terpada
    Pembelajaran terpadu yaitu proses pembelajaran yang melibatkan/mengaitkan beberapa mata pelajaran/bidang studi yang dihubungkan dengan suatu tema yang mencerminkan dunia nyata disekeliling siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak serta memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.
2. Kelebihan dan kelemahan Pembelajaran Terpadu
    pembelajatan terpadu memiliki kelebihan, yaitu: dengan proses belajarnya dihubungkan dengan dunia nyata, maka siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran tersebut dan dapat melakukannya; siswa juga dapat mengaitkan hubungan pelajaran yang satu dengan yang lainnya; siswa dapat mengembangkan kemampuan belajarnya dengan bekerja kelompok dengan temannya.
   Kelemahan dari pembelajaran terpadu yaitu, dilihat dari aspek guru, guru harus berwawasan luas, harus memiliki kreatifitas yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi; dilihat dari aspek siswa, menuntut siswa yang relatif "baik", baik dalam akademik maupun kreatifitasnya; dan dari aspek sarana dan sumber belajar, memerlukan bahan bacaan yang banyak dan informasi yang bervariatif.
3. Karakteristik Pembelajaran Terpadu
a. pembelajaran berpusat pada anak, yaitu proses pembelajarannya memberikan keleluasaan pada anak baik individu maupun kelompok.
b. menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan, yaitu dalam pembelajarannya dapat memberikan pemahaman dan kebermaknaan terhadap siswa. jadi siswa diharapkan dapat memecahkan masalah di kehisupan nyata.
c. belajar melalui pengalaman langsung, yaitu siswa akan memahami hasil belajarnya sesuai dengan fakta dan peristiwa yang mereka alami, bukan sekedar informasi dari gurunya.
d. lebih memperhatikan proses dari pada hasil semata, yaitu dalam proses pembelajarannya siswa dilibatkan untuk lebih aktif dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa termotivasi untuk belajar terus.
e. pembelajaran bersifat fleksibel, yaitu guru dapat menaitkan bahan ajar dari beberapa mata pelajaran dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan.
4. Teknik pembelajaran terpadu
a. dikemas dalam tema yang dibahas
b. mengambil suatu topik dari peristiwa
c. pengembangan topik.
5. Tujuan Pembelajaran Terpadu
a. meningkatkan efisien dan efektifitas
b. meningkatkan minat dan motivasi
c. mencapai beberapa kompetensi dasar
d. memberikan keterampilan kepada guru untuk dapat menysun rencana.

1 komentar: