Minggu, 06 November 2011

KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN


1.        Peran Pengukuran Dan Penilaian Dalam Pengajaran
a.       Merencanakan
b.      Melaksanakan
c.       Menilai Keberhasilan
d.      Memberi bimbingan
2.        Pengertian Penilaian dan Pengukuran
a.       Penilaian         : senuah rentang segala prosedur yang digunakan untuk memperoleh informasi mengenai belajar siswa (pengamatan, penilaian, penampilan, proyek dan tes tertulis)
b.      Pengukuran    : angka pada hasil tes/ prosedur penilaian lain sesuai dengan aturan tertentu (misal, menghitung jawaban yang benar/ memberikan angka pada aspek-aspek tertentu pada sebuah essai)
3.        Hubungan Mutu Pengajaran dengan Pengukuran dan Penilaian
a.       Penilaian dan kegiatan penetapan kelulusan
b.      Penilaian pada proses belajar mengajar
c.       Penilaian dan diagnosis bimbingan
d.      Penilaian dan motivasi belajar
e.       Penilaian dan administrasi sekolah
4.        Prinsip-Prinsip Penilaian
a.       Prinsip keterpaduan
b.      Prinsip kelengkapan
c.       Prinsip kesinambungan
d.      Prinsip objektivitas
e.       Prinsip relevansi
f.       Prinsip keteraturan
5.        Prosedur Pengukuran dan Penilaian
a.       Menetapkan tjuan penilaian
b.      Menetapkan jenis/ lingkup bahan ajar yang harus diukur
c.       Menetapkan teknik pengukuran yang digunakan
d.      Mengembangkan instrumen pengukuran
e.       Melaksanakan pengukuran
6.        Keotentikan Penilaian
a.       Kedekatan konteks (materi) ujian dengan situasi nyata penggunaan kemampuan yang diuji dengan praktek kemampuan tersebut dalam dunia nyata
b.      Keotentikan sumber data
7.        Skala Pengukuran
a.       Skala rasio                  : mistar
b.      Skala interval             : termometer
c.       Skala ordinal              : peringkat dalam kelas
d.      Skala nominal : jenis kelamin, asal, pekerjaan orang tua,dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar